Artikel

29-Sep-2013

Fina Prichilia

REKOLEKSI OMK XII: Menumbuhkan Spiritualitas OMK dalam Hidup Menggereja

OMK XII – Santo Yoseph, baru saja mengadakan rekoleksi di Villa Depkominfo, Cisarua pada 28-29 September 2013, didampingi oleh Pastur Yohanes Purwanta Msc dari Paroki Bunda Hati Kudus, Kemakmuran, Jakarta dan RD Yohanes Dwi Harsantodari komisi kepemudaan KWI.

Tema“Menumbuhkan Spiritualitas OMK dalam Hidup Menggereja” yang diusung sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini, yakni menumbuhkan kesadaran dalam peran orang muda (OMK) turut terlibat dalam hidup menggereja, yang pada saat ini bukan hanya milik kalangan orang tua saja. Oleh sebab itu, dibutuhkan generasi muda yang siap menerima tantangan tersebut.

Adanya OMK yang masih tersebar di lingkungan hendaknya dipersatukan  ke tingkat wilayah, sehingga dapat bersama-sama membangun Stasi, kemudian Paroki. Adapun jiwa OMK tersebut yang belum sepenuhnya terpanggil untuk ikut bagian dalam hal tersebut, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat senada dengan tema kami di tingkat OMK wilayah XII.

Dalam hal ini, wilayah XII memiliki 3 lingkungan berpotensi, yakni Agnes, Monika, dan Bunda Penebus. Setiap lingkungan terdapat potensi anak muda yang belum sepenuhnya dieksplor ke tahap wilayah. Menjadi tugas kami bersama untuk dapat mengajak dan mempersatukan OMK ini dalam membangun gereja.

Kegiatan ini juga merupakan moment bagi OMK wilayah XII sebagai calon-calon penerus gereja untuk berefleksi, mengembangkan sikap OMK agar dapat terlibat dalam hidup menggereja, mendalami persaudaraan yang terjalin dalam wilayah XII