Artikel

17-Nov-2013

petrusjs

WASPADA DAN SIAP-SIAGALAH!

Topan Haiyan yang begitu dasyat telah menghancurkan 70 -80% wilayah yang dilaluinya baik kehancuran harta benda dan korban jiwa yang tidak sedikit; itu terjadi di sisi timur Filipina Jumat  8 Nopember yang lalu. Bencana yang  terjadi terlalu cepat dan tak disangka-sangka membawa maut dan kehancuran.

Menghadapi berbagai malapetaka ternyata manusia tak berdaya dan tak mampu berbuat apa-apa. Mau tak mau manusia sekarangpun tergoda untuk bertanya, apakah sekaranglah waktu kiamat, akhir zaman itu? Datangnya “Hari Tuhan” disertai dengan peringatan untuk waspada dan berjaga-jaga. “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu...” (Luk 21:36). Tuhan dapat datang setiap waktu, pada saat yang sama sekali tak terduga! Yesus juga menyatakan, “akan datang harinya, dimana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan” (Luk 21:6).

Menghadapi kejadian-kejadian yang menimpa  kehidupan manusia kini, manusia merasa dirinya tak berdaya. Dunia terasa gelap. Wajarlah orang bertanya, “Dimana Allah? Mana pertolongan-Nya? Apakah kiamat sudah tiba?” Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu Injil hari ini mengingatkan bahwa dalam segala perkara Allah mempunyai kata terakhir, dari pada-Nyalah sentuhan akhir. Dia yang menghantarkan segala sesuatu kepada akhir yang baik. Janganlah silau dengan gemerlapnya dunia dan indahnya pemandangan, tetapi jangan pula kecut bila semuanya menjadi gelap dan kelam. Selebihnya, jangan terpengaruh oleh macam-macam ceritera manusia dan panik karena berbagai kejadian alam. Sebab itu semua “akan menjadi kesempatan untuk bersaksi” (Luk 21:13). Jangan terpengaruh oleh janji-janji manis nabi-nabi palsu, nasib kita di tangan Tuhan. Jangan pula digentarkan atau dikacaukan oleh tanda-tanda menakutkan yang terjadi di sekitar kita setiap saat.

Hidup kita dalam genggaman kasih Allah! Berpegang teguhlah pada janji-janji Allah. Jadilah umat yang teguh dalam pengharapan, iman dan kasih. Yesus mengambil segala ketakutan dan kekhawatiran kita. Dia hadir saat ini dalam Ekaristi untuk kita, hari ini dan selamanya.(petrusjs).