Artikel

19-Jan-2014

Ign. Suharyono

MARI KITA BERBAGI

Dua tahun terakhir ini umat wilayah 7 Santo Bernardus selalu merayakan Natal bersama dengan maksud menciptakan kebersamaan umat di 5 lingkungan dan saling peduli terhadap sesama. Perayaan Natal ini selalu diselenggarakan di tempat Susteran PRR, karena umat Wilayah 7 ingin berbagi suka cita dan damai sejahtera dengan Para Suster PRR serta semua anak-anak Panti Asuhan Fajar Baru.

Perayaan Natal kali ini menjadi lebih special dan dirasakan maknanya oleh banyak orang karena selain umat bisa berbagi kedamaian,  juga umat Wilayah 7 Santo Bernardus mampu berbagi kasih terhadap sesama dengan diwujud nyatakan menjadi orang tua asuh anak-anak Panti Asuhan Fajar Baru milik Susteran PRR. Tentu menjadi orang tua asuh bagi anak-anak Panti Asuhan memiliki dasar alkitabiah yang kuat, karena pada akhir zaman Tuhan Yesus akan datang dengan kemuliaannya bersama para Malaikat surga untuk mengumpulkan semua bangsa,  dan pada saat itu  Tuhan Yesus akan memisahkan mereka sebagian menjadi kelompok domba disebelah kanannya  dan kelompok Kambing disebelah kirinya ( Mateus 25:31 -33 ). Dan kepada kelompok Domba Tuhan Yesus mengajak mereka masuk dalam kemuliaan abadi dengan FirmanNya “ Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku “ ( Mateus 25 : 40 ).  Firman ini menunjukkan bahwa di dalam diri orang yang paling hina ini Tuhan Yesus berkenan dan bersemayam. Tentu anak-anak Panti yang karena kondisi keluarganya yang kurang beruntung, terpaksa sejak kecil mereka kehilangan kasih sayang dari orang tuanya, mereka hidup menderita, hidup bersahaja dan berkekurangan,  dan kadang –kadang mereka harus memendam kerinduannya dengan orang tua dan keluarganya,  sementara banyak anak-anak kita yang hidup berkelimpahan dengan penuh kasih sayang dari orang tuanya. Maka sangatlah tepat bila Tuhan Yesus bersemayam dan berpihak pada anak-anak Panti. Dengan kata lain Anak-anak panti adalah Potret Tuhan Yesus itu sendiri.

Berpijak pada iman tersebut, umat wilayah 7 Santo Bernardus pada saat  natal bersama,  melakukan gerakan peduli dan berbagi kasih kepada anak-anak Panti Asuhan Fajar baru dengan secara tulus menjadi orang tua asuh. Di bawah ini nama –nama orang tua Asuh dari wilayah 7 dengan anak asuhnya :

  • Keluarga Amrih Dumadi dengan 2 anak asuh bernama Dicky Alexander dan Abed Nego
  • Keluarga Irwan Dalimarten dengan 2 anak asuh bernama Maria Sumiaty dan Alegracia Loudly
  • Keluarga Suandi Halim dengan 2 anak asuh bernama Noveliani Anjelicha Prima dan Maria Detek Ruing
  • Keluarga Hendra Setyadi dengan anak asuh bernama Christian J. Edwin Rise
  • Keluarga Leonardo Dima dengan anak asuh bernama Marcela Kewa Welin
  • Keluarga Bill Subyanto dengan anak asuh bernama Nocolaus Nelson Indriyanto
  • Keluarga Eko Prasetyo dengan anak asuh bernama Pryskha Claudia Sonya Marung
  • Keluarga Sebastian Bayu dengan anak asuh bernama Erika Margareth Naibaho
  • Keluarga Hendra Sutisna dengan anak asuh bernama Gabriela A Jenice
  • Keluarga Fredi Sugiono dengan anak asuh  bernama Maria Bernadeth Soubirous
  • Keluarga R. Th. Agus HR dengan anak asuh bernama Yohanes Kia
  • Keluarga Y Hendi Christian dengan anak asuh bernama Wilhelmus Klaping Lelang
  • Keluarga F. Haryo Subyarto dengan anak asuh bernama Carlos Alderson Ebeneser
  • Keluarga Leonardus H Hendrawan dengan anak asuh bernama Michael A.J. Menel
  • Keluarga Victor Boris dengan anak asuh  bernama Diego Jefilman Fernando Ngaji
  • Keluarga Kikin Is Sugiarno dengan anak asuh bernama Valentinus Suban
  • Keluarga Yoseph Kristianto dengan anak asuh bernama Hendrikus Sanjaya Hutasoit
  • Keluarga Nancy Watimena dengan anak asuh bernama Oky Aprilianus Situmorang
  • Keluarga Sugeng dengan anak asuh bernama Aditya
  • Keluarga Ignatius Suharyono dengan anak asuh bernama Yohanes Halomoan Sihite

Para orang tua asuh bersedia memberikan donasi sebesar Rp. 100.000 / bulan dengan cara ditransfer kepada Suster M. Wilfrida PRR menggunakan BCA Cabang Cimanggis dengan nomor rekening 1663025604. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban anak-anak panti, sehingga mereka  dapat tumbuh kembang dan dapat sekolah dengan baik seperti anak-anak lainnya.

Sebagai rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada umat Wilayah 7 Santo Bernardus yang telah bersedia menjadi orang tua asuh, pada hari Kamis, 9 Januari 2014 pukul 20.00 bertempat di Susteran PRR, para Suster PRR yang dipimpin oleh Suster Maria Gabriela PRR menyelenggarakan misa syukur yang dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Thomas Romo Robertus Eeng Gunawan PR. Misa syukur ini dihadiri oleh para Suster PRR, anak-anak Panti Asuhan Fajar Baru, serta umat wilayah 7 Santo Bernardus.

Kita semua menyadari bahwa keberhasilan yang kita capai selama ini merupakan rachmat Ilahi yang juga harus dibagikan dan dirasakan oleh orang lain terutama saudara kita yang paling hina ini, karena Tuhan Yesus berpihak dan berkenan kepada mereka. Dan tentunya bila umat di Paroki Santo Thomas Kelapa Dua mampu berbagi kasih kepada orang lain, maka damai natal akan sangat bermakna bagi kita dan orang lain dan mampu menciptakan suasana surgawi di dunia.

Saat ini masih banyak anak-anak Panti Asuhan Fajar Baru yang belum memiliki orang tua asuh dan membutuhkan uluran tangan kita. Maka marilah sebelum terlambat, kita mau  berbagi dengan sesama terutama kepada suadara kita yang paling hina ini, sehingga pada akhbir zaman Tuhan Yesus bersama para Malaikat surga akan memisahkan kita dalam kelompok Domba dan bersama para kudus memasuki kehidupan kekal di Taman Eden. Bagi yang bersedia menjadi orang tua asuh, silahkan menghubungi Suster Wilfrida PRR HP no. 081310154792.  Salus Vestra Ego Sum.

(Ketua Wilayah 7 Santo Bernardus - Ignatius Suharyono)