Artikel

12-Oct-2014

pjs

SUKACITA KELUARGA DALAM PESTA IMAN UMAT

Minggu tanggal 28 September 2014, rangkaian kegiatan dalam rangka Pesta Nama Paroki Santo Thomas, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Bulan Kitab Suci Nasional akhirnya ditutup dengan Perayaan Ekaristi pukul 17.00 WIB. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RD. Robertus Eeng Gunawan, RD. Albertus Kurniadi dan RD. Andreas Bramantyo.  Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan piala bagi pemenang, serta panggung hiburan oleh OMK.  Makan bersama yang disediakan oleh masing-masing  wilayah (12 Wilayah) sebagai tanda syukur, bahwa kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar. Meski banyak kendala dan kekurangan yang tidak dapat dihindari.

Kegiatan dengan tema Sukacita Keluarga Dalam Pesta Iman Umat  ini dibuka pada tanggal 5 Juli dengan Perayaan Ekaristi.  Sekaligus menandai dimulainya kegiatan dan Syukur Pesta Nama Santo Thomas (3 Juli).

Rangkaian kegiatan ini melibatkan seluruh potensi  umat dari keluarga, Lingkungan, wilayah , dari anak-anak, OMK, Keluarga/Orang Tua. Diharapkan dengan momen ini  menjadi  gerakan umat sebagai bentuk kesadaran dan partisipasi bahwa dirinya adalah bagian dari paguyuban Umat Allah. Sehingga, umat semakin aktif untuk terlibat dan melibatkan diri serta bersedia dengan iklas mengambil ‘peran’ dalam aneka kegiatan dan pelayanan baik di tingkat Lingkungan, Wilayah maupun Paroki. Tentunya diawali dengan semangat sukacita yang berangkat dari keluarga.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama  empat (4)  bidang di DPP. (Pewartaan & Kesaksian, Peribadatan, Kepemudaan dan Rumah Tangga),termasuk Seksi-seksi didalamnya. Semangat dan spiritnya adalah kebersamaan sebagai panitia yang melaksanakan Surat keputusan DPP St. Thomas No. 29/SK-DPP/VI/2014.  

Dalam rentang waktu dua bulan (Agustus-September) setiap minggu dilaksanakan kegiatan. Setidaknya ada 9 macam lomba. Tentunya ini cukup menguras energi baik dari panitia pelaksana maupun pengurus Wilayah dan Lingkungan.

Kemeriahan tampak tatkala penutupan rangkaian acara di halaman gereja, di panggung sederhana dengan alat musik band, dan nama pemenang di umumkan, maka paguyuban umat dan kebersamaan wilayah menjadi penanda guyubnya umat. Semoga semangat iman ini terus tumbuh di paroki St. Thomas,   semakin banyak umat terlibat/berperan sehingga mudah untuk mencari penggati untuk estafet kepengurusan.

Tentunya kami mengucapkan selamat kepada lingkungan, wilayah yang sudah berpartisipasi dan selamat juga yang telah meraih kemenangan, semoga  umat di lingkungan, wilayah untuk bangkit dan bergerak dalam mengambil peran. Bukan semata-mata menang atau kalah, tetapi spirit partisipasi umat itulah yang terus untuk ditumbuhkembangkan dan dibangun.

Tidak lupa kami juga mohon maaf bila dalam berkomunikasi, serta proses maupun pelaksanaan kegiatan, ada yang kurang berkenan.

Dalam lomba-lomba ini Wilayah 10 Bintang Timur menjadi Juara Umum dan berhak membawa kembali Piala Bergilir; Peringkat ke-2 Wilayah 1 St. Agustinus; dan Peringkat ke-3 Wilayah 3 St. Paulus. Selamat. (pjs)