Artikel

26-Oct-2014

Cahaya

Peringatan Hari Pangan Sedunia

foto

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun ini di paroki Santo Thomas terasa begitu meriah. HPS yang jatuh pada tanggal 16 Oktober dirayakan di Santo Thomas Minggu, 12 Oktober 2014 dalam bentuk lomba membuat makanan sehat bekal anak ke sekolah dari bahan pangan non beras/terigu. Lomba ini diselenggarakan oleh Wanita Katolik RI cabang Santo Thomas bekerjasama dengan Sie PSE DPP Paroki St Thomas, OMK serta BIA.

Sebanyak 13 ranting WKRI cabang St Thomas yang sekaligus mewakili wilayah, mengikuti komba tersebut dengan antusias. Mereka sangat kreatif dan inovatif menciptakan makanan untuk bekal sekolah. Lihat saja, ada tiwul goreng yang dibuat ala nasi goreng  yang sungguh lezat. Ada lagi candil ubi ungu yang menarik hati. Kemudian pizza singkong, puding talas, nasi goreng dengan bahan baku pisang dan lain-lain. Semuanya unik dan menarik serta enak rasanya. Sudah tentu pula merupakan makanan sehat.

Semua makanan hasil lomba ditempatkan di meja di bawah tenda yang dipasang di halaman gereja. Umat yang mengikuti Perayaan Ekaristi jam 08.00 sepulang misa dapat menikmati makanan-makanan tersebut. Suasananya riuh rendah ketika anggota BIA bercampur dengan orang tua mencicipi makanan yang disediakan. Sungguh, meskipun crowded, tapi penuh kegembiraan.

Dari hasil lomba keluar sebagai pemenang adalah juara 1 ranting XI, juara 2 ranting III dan juara 3 nasi ranting V. Diharapkan dari makanan hasil lomba itu, para orang tua serta anak-anak yang datang mencicipi makanan-makanan tersebut terinspirasi untuk membuat makanan sejenis sebagai alternatif bekal anak ke sekolah. (Cahaya)