Artikel

09-Nov-2014

Rani

HARI PANGAN SEDUNIA 2014

foto

Ada keramaian yang tidak biasa pada hari Sabtu, 25 Oktober 2014 lalu di aula SD Regina Pacis Bogor, serombongan ibu-ibu berseragam biru memenuhi aula sekolah tersebut. Hari itu berlangsung acara bazaar dan misa perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2014, dimana Hari Pangan Sedunia sebenarnya jatuh pada tanggal 16 Oktober 2014, namun demikian tidak mengurangi kehikmatan dan keriaan perayaan hari itu. Dengan mengusung tema HPS 2014 “Pangan Sehat, Keluarga Sehat, Bangsa Berkualitas” acara ini pun berlangsung meriah.

Sekitar pukul 08.00 WIB tampak para peserta bazaar yang terdiri dari ibu-ibu dari Wanita Katolik     Republik Indonesia (WKRI) mulai berdatangan dan   melakukan absensi, kemudian mereka mulai terlihat sibuk menata dan menghiasi meja mereka masing-masing berdasarkan tempat yang telah ditentukan oleh panitia. WKRI dari Keuskupan Bogor ini antusias memamerkan hasil makanan buatan mereka, yang sebelumnya dipertandingkan di paroki mereka masing-masing. Para pemenang dengan rasa yang enak, bentuk yang unik, dan resep terbaik dapat mengikuti dan menjual makanannya di acara bazaar ini. Pembuatan makanan yang dipertandingkan ini adalah makanan kecil non beras (untuk snack anak sekolah) dimana pembuatannya tidak boleh lebih dari Rp.50,000/sajian. Tujuan dari acara ini, mengajak keluarga hidup sehat dimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mudah dibuat sendiri mengingat banyaknya jajanan di sekolah yang tidak sehat. Oleh karena itu, panitia dari WKRI Keuskupan Bogor mengajak para ibu dari seluruh paroki keuskupan Bogor untuk mencermati dan  berinisiatif membuat makanan kecil dari bahan non-beras.

Acara dibuka dengan misa konselebrasi yang dipimpin oleh RD. Ch. Tri Harsono, RD. Dominikus Savio Tukiyo, dan RD. Y.M. Ridwan Amo, diiringi oleh koor dari SD Budi Mulia. Acara ini juga bekerja sama dengan OMK Keuskupan Bogor. Mereka meramaikan acara dengan tarian, lawak (stand up comedy), quiz, hingga hiburan lainnya setelah misa selesai, kemudian bazaar mulai dibuka.  Seluruh rangkaian acara selesai pada pukul 14.00 WIB.  Harapan panitia penyelenggara agar acara ini memberikan inspirasi terutama bagi ibu-ibu bahwa menyayangi keluarga dapat dimulai dari hal kecil seperti menyiapkan makanan sehat. (Rani)