Artikel

07-Dec-2014

Lucia Anita

Seminar Kitab Suci

foto

Romo Ustadz!! Demikianlah beliau mengenalkan diri pada umat paroki St. Thomas Kelapa Dua yang pada hari Minggu, 30 November 2014 yang lalu memenuhi ruangan aula untuk mendengar seminar Kitab Suci dari Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor, RD. Christophorus Tri Harsono. Seminar yang berjudul, “Kitab Suciku telah diselewengkan, benarkah?” itu rupanya cukup menyedot perhatian umat. Judul seminar yang cukup provokatif itu juga dirasa mampu menarik perhatian dan antusias umat untuk mengikuti seminar sehari yang sangat menarik tersebut.

Membicarakan Kitab Suci kerap kali mendapat stigma membosankan bagi orang Katolik namun tidaklah demikian pada seminar kali ini. Terlebih, seminar ini rupanya juga hendak menjelaskan perihal Kitab Suci Katolik yang konon katanya telah diselewengkan oleh pihak Gereja demi kepentingan-kepentingan tertentu dan tersembunyi. Selain itu, kepiawaian narasumber yakni Romo Tri Harsono yang juga seorang Islamolog dan ahli bahasa Arab klasik menarik perhatian karena tidak biasanya seorang pastor fasih berbahasa arab dan hafal banyak tentang ayat-ayat Al-Qur’an.

Seminar sehari yang digagas oleh Seksi Kerasulan Kitab Suci ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Yang menggembirakan adalah bahwa antusiasme umat sangat terlihat  terutama dari jumlah peserta yang hingga H-1 terus bertambah bahkan bisa menembus angka 170 peserta. Belum lagi, para peserta rupanya tidak meninggalkan acara hingga acara selesai, padahal acara ini sempat terpotong untuk makan siang. Antusiasme peserta juga bisa terlihat ketika para peserta dengan bersemangat menyampaikan pertanyaan dengan menulis di kertas karena ada begitu banyak kertas yang disampaikan di meja moderator. Akhirnya, setelah sesi pertanyaan selesai, seminar pun ditutup dengan penutup dari moderator dan banyak umat mengharapkan agar ada seminar semacam ini lagi sebagai usaha meneguhkan iman umat. (Lucia Anita)