Artikel

28-Dec-2014

Romo Adi

Pengalaman dikuatkan

Dalam setiap sisi hidup manusia ada saat dimana manusia mengalami kekuatiran, kegelapan mendalam. Kekuatiran ini membuat hidup manusia menjadi tak nyaman. Perasaan tak nyaman ini nampak pada ketidak mampuan manusia untuk memperjuangkan hidup hingga mencapai paripurna, karena manusia menggalami keraguan, kebimbangan serta tak mampu untuk menentukan pilihan hidupnya.

Pengalaman Gelap
Dalam setiap langkah manusia ada saat dimana manusia menggalami banyak hal yang tak menyenangkan, pengalaman tak menyenangkan ini membuat langkah-langkah manusia menjadi berat serta membuat manusia mengalami hidup yang kosong. Kekosongan hidup ini nampak dalam kata-kata manusia yang terasa menuntut, menyalahkan, kurang gairah secara berkepanjangan. Manusia kosong bisa membuat manusia gelap mata. Gelap mata membuat manusia kehilangan iman yang membuat manusia kehilangan pegangan hidup. 

Salah satu contoh orang beriman yang menggalami berbagaimana pengalaman kosong adalah Abraham. Pengalaman kosong nampak dari pembicaraan antara Allah dengan Abraham. Abraham merasa dicobai Allah dengan janji Allah yang tak kunjung tiba karena usia Abraham sudah tua,janji ini nampak dalam kata kata Abraham aku tidak memiliki keturunan. Keturunan menjadi tanda berahmat. Peristiwa ini membuat Abraham menggalami kekosongan batin. Ketika Abraham meninggalkan negeri kelahirannya Abraham diberi janji akan mendapat keturunan seperti pasir dilaut dan bintang diangkasa, rupanya janji memiliki keturunan bagi Abraham membutuhkan tekat, semangat untuk dipercayakan kepada sang pemberi janji serta kerelaan pribadi untuk berserah terhadap janji itu. Semua itu telah dikerjakan oleh Abraham dengan cara yang istimewa, namun rupanya Abraham mesti menunggu lagi. Rasa menunggu membuat Abraham kehilangan pegangan hidup disebabkan janji yang diterimanya itu, telah dihidupinya dengan cara yang luar biasa bahkan Abraham mendapatkan berbagai macam pemurnian dengan berbagai macam pengalaman pahit yang dihadapinya ketika Ia beserta isterinya dan kaum keluarganya mesti meninggalkan tanah airnya menuju tanah terjanji. Namun dibalik itu semua ada  kekuatan sabda yang membalikkan dan menyatakan diri kepada hamba nya yang setiawan dan hidup berdasarkan janji tersebut seperti dikatakan pemazmur hari ini Tuhan adalah kasih setia bagi orang yang berkenan pada perjanjian Nya”. Maka pengalaman kosong tak selamanya tak memiliki arti bagi mereka yang tetap berpegang pada sabda dan janji Allah hanya waktu yang dapat menceritakannya.

Dalam Gelap Kulihat Cahaya
Dalam pengalaman iman Abraham janji akan mendapat keturunan menjadi kekuatan yang menggerakkan Abraham untuk bertekun dalam janji Allah itu. ketekunan bukan hanya sejedar kata melainkan sebuah hasil dari perziarahan hidup manusia yang tak pernah meninggalkan duka pada satu titik nadir tertentu. Pengalaman gelap yang dijumpai oleh manusia dalam peziarahan hidupnya ini adalah buah dari peziarahan yang senantiasa menjadi bingkai yang istimewa dalam perziarahan berikut karena ada cerita yang membangkitkan kekuatan dan kenyakinan Allah berserta kita. (Romo Adi)