Artikel

22-Feb-2015

Rocky

Oleh-oleh dari Tanah Banten

-sepenggal kisah kaum muda berproses dengan hidup menggereja-

foto

‘’OMK, Sumber Inspirasi‘’. Demikianlah tema dari acara Bogor Youth Day yang diselenggarakan di paroki Rangkasbitung dan Serang pada tanggal 13-15 Februari 2015 yang lalu.  Acara Bogor Youth Day (BYD) ini bertujuan agar OMK Keuskupan Bogor dapat berkumpul dan bertukar pengalaman iman dalam lingkup Paroki, Dekenat dan Keuskupan. Selain itu acara ini digagas dalam rangka mempertebal solidaritas, jejaring, dan iman OMK di seluruh Keuskupan Bogor serta menyadari OMK sebagai sumber inspirasi bagi terciptanya kebahagiaan dan sukacita keluarga. Acara yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini 

Orang Muda Katolik Santo Thomas pun turut serta dalam kegiatan ini. Para peserta berangkat di halaman Gereja Santo Thomas pukul 07.30 WIB dan bersama-sama menuju Goa Maria Kanada Paroki Rangkasbitung. Dengan berbekal berkat dari Romo Paroki, RD. Eeng dan didampingi oleh Frater Nanang kami pun mantap berangkat untuk mengikuti acara ini. Sesampainya di sana, beragam kegiatan telah menunggu untuk dijalani selama tiga hari dua malam. Kegiatan tersebut antara lain adalah misa pembukaan yang dipimpin oleh Duta Besar Vatikan Mgr. Antonio Guido Filipazzi serta Bapa Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Setelah itu para peserta diserahkan kepada para house parent untuk tinggal bersama umat setempat (live in) dan mengikuti kegiatan di lingkungan serta wilayah di paroki Kristus Raja Serang dan Paroki St. Perawan Maria Tak Bernoda Rangkasbitung. Pada hari kedua, para OMK mengikuti workshop menarik yang dapat memperkuat spiritualitas serta menambah bekal kemampuan praktis yang patut dimiliki oleh OMK. Kegiatan workshop ini terdiri dengan berbagai tema, seperti ‘’Wiraswasta, Bagaimana memulai dan mempertahankan?’’, yang dibawakan oleh PSE Keuskupan. Kemudian tentang ‘’Motivasi dalam Pelayanan Gereja’’, oleh Bapak Mahendra dan ‘’Narkoba dan Seluk Beluknya’’, oleh Romo La Edi, MSC. Setelah kegiatan tersebut para peserta BYD dibawa menuju stadion indoor Kopasus Serang untuk menghadiri pentas seni yang menghibur dengan berbagai pertunjukkan seperti akustik, band, drama musikal, dan berbagai tarian yang menarik. Akhirnya,  pada malam hari ditutup dengan ibadat Taize yang dipimpin oleh para frater Diosesan Bogor. Pada hari ketiga yamg merupakan hari terakhir acara ini ditutup dengan perayaan ekaristi sebelum kami kembali ke paroki masing-masing. Tiga hari yang menyenangkan dan tak terlupakan dimana kami semua orang muda katolik dapat berkumpul bersama, berbagi pengalaman, dan saling menguatkan dalam iman.

Kami Orang Muda Katolik Santo Thomas juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh romo dan frater serta seluruh umat atas bantuan dan dukungannya kepada kami. Juga para orang tua dan para donatur yang ikut membantu dan mendukung dalam penggalangan dana selama proses persiapan acara Bogor Youth Day (BYD) ini. Semoga apa yang didapat dari acara ini sungguh memampukan kami untuk menjadi inspirasi dan sumber berkat bagi siapapun, tentunya dengan bimbingan dan arahan dari segenap umat yang senantiasa mendukung kami untuk berproses lebih baik dan positif lagi. Untuk para Orang Muda Katolik jangan lewatkan karena Bogor Youth Day (BYD) akan hadir lagi pada tahun 2017 di Dekenat Tengah Keuskupan Bogor. So don’t miss it guys. See ya.....!!! (Rocky)