Artikel

08-Feb-2015

Enggar

TUHAN DIAM BUKAN BERARTI TIDAK MENDENGAR

-sebuah catatan kecil kaum muda mengakrabi imannya-

Banyak permasalahan dan lika-liku kehidupan yang kita lalui di dunia ini. Terkadang di saat kita merasa masalah yang dihadapi begitu berat dan tidak ada pemecahan solusinya  kita sering kali  menyalahkan Tuhan. “Kenapa Tuhan tidak membantuku?” “Kenapa Tuhan tidak menolongku dari semua permasalahan dalam hidupku?” Hampir pasti kata-kata semacam itu yang akan keluar dari pikiran dan mulut kita dikala kita merasa segala sesuatunya tidaklah ada harapannya lagi. Singkatnya, itulah yang disebut dengan putus asa.

Banyak yang beranggapan bahwa Tuhan itu tidur atau Tuhan itu diam saja tatkala kita tertimpa masalah. Tak jarang pula, banyak yang jatuh pada anggapan bahwa masalah-masalah yang menghampiri seperti tidak ada penyelesaiannya. Kebingungan mungkin adalah ekspresi pertama yang keluar sehingga kita tidak tahu apa yang harus dilakukan. Namun, hal itu tidak akan berlangsung lama bagi mereka yang beriman sungguh dan mendalam. Mereka yang beriman sungguh dan mendalam yakin dan percaya bahwa Yesus Tuhan kita selalu memberikan pengharapan di segala permasalahan hidup. Perlu disadari bersama bahwasanya Tuhan memberikan segala sesuatunya tidak pernah terlambat atau terlalu cepat.  Tuhan akan memberikan segala sesuatunya tepat pada waktunya.

Kembali pada judul di atas, bahwa ketika Tuhan sepertinya diam dapat dimaknai bahwa Tuhan hanya belum berbuat sesuatu bagi diri kita. Segala masalah yang sedang dihadapi bisa kita tempatkan bahwa Tuhan sedang mempersiapkan segala rencana yang terbaik dan luar biasa. Saya selalu ingat kata-kata berikut, “di saat kita melakukan dan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik maka Tuhan pun juga akan memberikan dan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik.”

Maka marilah kita jadikan Tuhan sebagai sahabat dan bagian yang tak terlupakan dalam hidup kita. Kasih dan berkatNya selalu ada untuk kita semua sehingga Tuhan bisa diam dan tinggal dalam hati kita semua sampai selama-lamanya. Tuhan Yesus memberkati. (Enggar)