Artikel

11-Jan-2015

NaKa

BERKARYA UNTUK TUHAN DAN SESAMA

-reportase perayaan Natal dan Tahun Baru anak-anak-

Minggu, 4 Januari 2015. Hari minggu pertama di tahun baru 2015. Suasana gereja St Thomas Kelapa Dua Depok setelah misa kedua usai tidak lantas menjadi sepi tetapi menjadi ramai dengan suara anak-anak. Suara yang penuh tawa, canda, tangisan manja khas anak-anak. Kebahagiaan & keceriaan itu tepatnya ada di aula gereja karena hari itu adalah hari yang khusus dipersiapkan oleh Panitia Natal, wilayah IV (St. Stephanus) untuk merayakan Perayaan Natal dan Tahun Baru anak-anak di Paroki St Thomas.

Acara tersebut mendapat apresiasi meriah dari seluruh anak yang hadir. Adapun acara-acara yang memeriahkan Perayaan Natal dan Tahun Baru anak-anak di Paroki St Thomas itu adalah gerak & lagu dari Bina Iman Anak SD; 2  tarian dan 1 nyanyian vokal grup persembahan dari anak – anak Panti Asuhan Fajar Baru, susteran PRR Mekarsari; drama Natal dari wilayah 10 dengan judul “Hadiah yang kekal”; gerak & lagu dari Bina Iman Anak TK; 1 mini drama persembahan panitia; tari kreasi daerah dari Avela; vokal grup & akustikan oleh kelompok misdinar; pembagian dooprize dan foto bersama Sinterklas.

Dibalik kemeriahan acara tersebut ada perjuangan dan kerja keras. Semua berawal dari ide seksi acara di kepanitiaan Natal (Anne Dominic) untuk mempercayakan OMK Wilayah IV sebagai pelaksana acara tersebut. OMK wilayah IV pun berembuk membentuk tim kecil untuk mengkoordinasi persiapan acaranya, anggota tim kecil itu adalah seluruh OMK wilayah IV. Bukan kerja mudah di awalnya karena terus terang mereka jarang berkumpul. Tapi berkat ketekunan tim kecil yg dipimpin Siska & Dita, mereka berhasil menghubungi & mengajak rekan-rekan OMK Wilayah IV lainnya untuk turut serta mempersiapkan Perayaan Natal dan Tahun Baru anak-anak di Paroki St Thomas dan selanjutnya hari-hari mereka (Monik, Arin, Agnes, Sonia, Tia, Yudha, Andre, Beni, Freddy, Mas Domi, Fhedo, Erna, Dette, Gusti, Tita, Jonathan, Chella, Aryo, Rafael, dll) di bulan Desember menuju tanggal 4/1/2014 pun menjadi penuh kesibukan; rapat acara –mencari pengisi acara- mencari donatur- sampai tercetus keinginan mereka juga ikut menyumbang acara. Kerja sama, kekompakan, ketulusan dan doa menghasilkan keberhasilan yang manis, mereka pun berhasil menghadirkan 397 anak di acara itu (berdasarkan catatan buku tamu), berhasil mendapatkan donatur (Gramedia, Yuppie, Sosro, Indofood), berhasil mengajak pelatih drama OMK St Thomas, Ina Kaka, untuk membantu mempersembahkan sebuah mini drama binatang negeri dongeng yang berjudul “Saling Bersaudara Dalam Damai Natal”. Di dalam drama itu wajah para pemainnya dilukis dengan animasi binatang yang lucu-lucu.

Seperti pepatah, tak ada gading yang tak retak, seluruh anggota tim pelaksana acara Perayaan Natal dan Tahun Baru anak-anak di Paroki St Thomas tidak merasa sempurna & berbangga diri dengan keberhasilannya. Mereka berpendapat keberhasilan mereka juga berkat doa restu dan bantuan Romo Paroki St. Thomas, DPP St Thomas, penurus OMK Paroki St Thomas, para orang tua di wilayah IV. Semua kerja keras dan keberhasilan tim semata-mata dilakukan sebagai persembahan dan karya mereka untuk Tuhan dan sesama. Akhir kata, selamat datang tahun 2015 semoga damai Natal senantiasa menyatukan kita bagai saudara dan rukun bagai keluarga kudus. (NaKa)